Jumat, 11 November 2011

Laporan

LAPORAN

Laporan adalah suatu jenis dokumen yang sangat bervariasi bentuknya, dan sebab itu sungkar diberi suatu batasan pengertian yang jelas. Variasinya mulai dari suatu bentuk laporan yang sederhana berbentuk angka-angka sebagai suatu gambaran mengenai pengembangan suatu persoalan, sampai kepada laporan yang terdiri dari beberapa jilid buku yang masing-masing terdiri dari ratusan halaman. ada yang berbentuk isian formuli-formulir yang standar, ada yang berbentuk surat, ada pula yang berbentuk buku.

Dasar- dasar Laporan
sebuah laporan bertolak dari beberapa dasar, yaitu: orang yang memberi laporan, pihak yang menerima laporan, dan sifat dan tujuan umum laporan.
a. Pemberi Laporan
b. Penerima Laporan
c. Tujuan Laporan

Sifat Laporan
Seperti halnya dengan semua jenis tulisan yang lain, sebuah laporan akan dianggap baik atau buruk tergantung dari keberhasilannya dalam memenuhi fungsinya yaitu mempengaruhi pembaca seperti yang diharapkan. Hasil yang diharpkan dapat berwujud perbaikan, perubahan, bantuan, perkembangan, penegasain sikap, pengambilan keputusan, sejalan dengan tujuan laporan itu.
laporan yang dibuat harus sempurna dan komplit, yang berarti tidak boleh ada hal-hal yang diabaikan bila hal-hal itu diperlukan untuk memperkuat kesimpulan dalam laporan itu. Laporan yang baik juga tidak boleh mengenyampingkan prasangka atau memihak.

Macam-macam Laporan
a. Laporan berbentuk Forlumir Isian
b. Laporan berbentuk Surat
c. Laporan berbentuk Memorandum
d. Laporan Pekembangan dan Laporan Keadaan
e. Laporan Berkala
f. Laporan Laboratoris
g. Laporan Formal dan semi-formal

Stuktur Laporan Formal
a. halaman Judul
b. Surat penyerahan
c. Daftar Isi
d. Ikhtisar dan Abstrak
e. Pendahulaun
f. Isi Laporan
g. Kesimpulan dan Saran
h. Bagian Pelengkap

Bahasa Sebuah laporan
Bahasa yang dipergunakan dalam sebuah laporan formal haruslah bahasa yang baik, jelas dan teratur.

Laporan Buku
Suatu macam laporan untuk kepentingan pendidikan atau perkuliahan di Perguruan Tinggi adalah apa yang dinamakan Laporan Buku.

Penutup

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates