Kamis, 03 Juni 2010

Ilmu Pengetahuan & Sosiologi

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Sosiologi termasuk Ilmu Pengetahuan karena sosiolagi mengembengkan suatu kerangka pengembangan yang tersusun dan teruji yang didasarkan pada penelitian ilmiah dan mendasarkan kesimpulannya pada bukti-bukti ilmiah.

Pengatahuan juga berbeda dengan ide (buah pikiran), karena tidak semua ide merupakan pengetahuan. Ilmu Pengetahuan timbul karena adanya hasrat ingin tahu dalam diri manusia.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.[rujukan?] Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates