Selasa, 28 Desember 2010

Mari Berkoperasi

Koperasi merupakan satu dari tiga pelaku ekonomi di tanah air, dan koperasi merupakan satu-satunya pelaku usaha yang eksistensinya diakui dalam Undang-Undang Dasar 1945. Untuk itu koperasi diharapkan menjadi soko guru perekonomian nasional Indonesia. Namun demikian perjalanan panjang koperasi di Indonesia belum menempatkan koperasi pada posisi tersebut, konstribusi koperasi dibandingkan dua pelaku ekonomi lainnya terhadap pendapatan nasional masih jauh tertinggal.
Manfaat Menjadi Anggota Koperasi
1. Keuntungan Ekonomis
a. Peningkatan Skala Usaha
Koperasi memberikan kesempatan kepada anggota untuk menjual atau membeli barang atau jasa secara bersama-sama, sehingga biaya yang timbul menjadi rendah
b. Pemasaran
Koperasi menampung hasil produksi anggota dan menjualnya ke pasar sehingga biaya yang dikeluarkan oleh setiap anggota menjadi lebih rendah dibanding menjual sendiri.
c. Pengadaan Barang dan Jasa
Koperasi menyediakan barang dan jasa kebutuhan anggota, sehingga memungkinkan anggota untuk mendapatkan barang dan jasa dalam jumlah yang baik dan harga yang murah
d. Fasilitas Kredit
Koperasi memberikan kemudahan bagi anggota yang membutuhkan fasilitas kredit dalam bentuk proses yang cepat, jaminan yang ringan dan bunga yang rendah. Hal ini dapat dilakukan karena anggota adalah pemodal (pemilik) yang sekaligus pengguna.
e. Pembagian Hasil Usaha
Sebagai anggota pembagian SHU dihitung berdasarkan transaksi dan partisipasi modal yang telah kita lakukan terhadap koperasi.
2. Keuntungan Sosial
a. Keuntungan Berkelompok .
Gerakan Koperasi memiliki potensi untuk mempengaruhi kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pengambil keputusan.
b. Pendidikan dan Pelatihan
Hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan ketentraman dalam berkoperasi.
c. Program Sosial lainnya
Agar terpupuk rasa kesetiakawanan antar anggota, maka koperasi dapat menyelenggarakan kegiatan asuransi, perumahan, jasa kesehatan, tunjangan hari tua dan lain sebagainya, jika koperasi sudah maju.
Dibawah ini ada beberapa keuntungan menjadi anggota koperasi yang bisa menyejahterakan Anda, sebagai berikut:
1. Anda memiliki investasi sehingga Anda dapat bekerja dengan lebih tenang karena memiliki investasi atau tabungan yang berkembang dan memiliki perusahaan yang dikelola oleh manajemen sendiri, dengan pasar atau konsumen yang sudah jelas dalam kelompok tertentu.
2. Koperasi bisa membebaskan Anda dari lilitan utang.
3. Koperasi bisa memberikan Anda tingkat bunga simpanan yang lebih besar.
4. Koperasi bisa menjadi tempat arisan.
5. Koperasi biasanya menjual barang dengan lebih murah.

Jika dibandingkan dengan menabung di bank, dana yang relatif kecil maka tabungan Anda akan mendapat potongan biaya administrasi.
Kita dapat menambah jalinan pertemanan, koperasi adalah suatu organisasi yang membutuhkan banyak orang. Dengan kita bergabung memungkinkan kita untuk menambah teman dan bersosialisasi dengan masyarakat luar. Meningkatkan kemampuan verbal kita dan cara menghadapi orang banyak. Sehingga bila nanti dalam bekerja kita sudah terbiasa berorganisasi dan menghadapi segala permasalahan. Mengasah attitude kita dalam menghadapi orang. Dalam kehidupan nyata terkadang kemampuan otak tidak selalu mendukung kita untuk sukses bila diiringi dengan personality yang buruk. Maka dari itu semakin kita banyak teman semakin kita tahu banyak tentang karakter orang dan kita dapat memilah karakter mana yang baik dan yang harus kita contoh untuk kita belajar menjadi orang yang pintar dan berperilaku baik.
Kita dapat belajar untuk menjadi pengusaha muda dan sukses. Apabila kita mengikuti kegiatan berkoperasi, maka dengan sejalan kita mengasah kemampuan kita untuk berwirausaha. Kita dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas kemampuan kita dalam berusaha. Dengan meminjam modal dan membuka usaha sendiri, mendidik kita untuk dapat hidup mandiri dan tidak menyusahkan orangtua dengan mempunyai penghasilan sendiri. Menjadi pengusaha yang sukses diusia yang masih terbilang muda merupakan kebanggan sendiri. Apabila kita tidak dapat menjalankan usaha dengan baik maka itu dapat menjadi suatu pengalaman yang dapat menjadi pelajaran di kehidupan kita nantinya. Mempunyai rekan bisnis yang banyak mempermudah kita dalam menjalankan kegiatan usaha kita pada nantinya.
Manfaat lain yang dapat kita dapat dengan berkoperasi adalah menambah ilmu yang banyak. Kita dapat menambah pengetahuan kita tidak hanya dengan membaca buku atau dengan kegiatan perkuliahan yang terbatas. Mengikuti kegiatan berkoperasi kita dapat sharing dengan banyak teman, bahkan dengan teman yang sudah mumpuni dalam berbisnis. Terkadang hanya dengan membaca buku atau mengikuti kegiatan perkuliahan (secara teorities) tidak sama dengan kenyataannya dimana yang dibutuhkan ilmu dan pengalaman dari seseorang yang sudah mumpuni.
Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil apabila kita mengikuti kegiatan berkoperasi. Dari segala hal diatas menuju ke satu tujuan pokok yaitu meningkatkan taraf hidup kita pastinya dan secara tidak langsung juga dapat membantu dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia. Marilah kita mencintai negeri kita Indonesia dan menghormati jasa para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini dengan hal positif dan menjadi anak yang berguna bagi orangtua, bangsa dan negara kita. Salah satu caranya dengan berkoperasi , jadi Ayo Kita Berkoperasi !!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates